KONSEP DASAR MATERI GEOMETRI: TINGKAT SEKOLAH DASAR (SD) / MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)

Geometri adalah cabang ilmu yang tertua dalam materi matematika. Pada tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) mata pelajaran matematika pada materi geometri ada dua jenis yaitu : Geometri bangun datar dan geometri bangun ruang.

Pada materi geometri bangun datar yang diajarkan pada tingkat SD/MI, diantaranya adalah: Persegi, Persegi Panjang, Segitiga. Jajar Genjang, Trapesium, Belah Ketupat dan Layang-Layang. Pada setiap bangun datar tersebut mempunyai rumusan dalam menghitung luas dan keliling di setiap bangunnya. Sedangkan materi geometri bangun ruang yang di sampaikan, diantaranya adalah : Balok, Kubus, Prisma, Limas, Kerucut, Tabung dan Bola. Pada setiap bangun ruang tersebut mempunyai rumusan dalam menghitung luas permukaan dan volumenya.

                Buku yang berjudul “Konsep Dasar Materi Geometri Tingkat SekolahDasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI)” ini ditulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca. Dalam buku ini juga diberikan penjelasan mengenai rumus, contoh soal dan latihan soal mengenai konsep materi geometri secara singkat dan jelas, sehingga diharapkan dapat membantu pembaca untuk lebih memahami konsep materi tersebut.  

Adapun yang dibahas dalam buku ini antara lain:

BAB I      PENGENALAN BANGUN DATAR

BAB II LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR

BAB III PENGENALAN BANGUN RUANG

BAB IV LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG

BAB V VOLUME BANGUN RUANG